Website Berita Rakyat

Kabupaten Bintan Mampu Mengolah Hasil Laut

BINTAN, ONTOPNEWS.COM – Kabupaten Bintan memprioritaskan olahan laut untuk dikedepankan sebagai produksi nasional bahkan diharapkan bisa memenuhi kebutuhan luar negeri.

Wakil Bupati Bintan, Drs.Dalmasri Syam, MM menyatakan produk kelautan dan perikanan bisa menjawab permintaan pasar dalam negeri dan luar negeri. Bahkan Dalmasri sangat optimis Kabupaten Bintan dapat memenuhi kebutuhan pasar tersebut.

Untuk tujuan mulia itu, Dalmasri atas nama Pemkab Bintan telah melakukan rapat koordinasi dan audensi di Kantor Kemenko Maritim RI di Jakarta belum lama ini. Selain dihadiri Wakil Bupati Bintan, juga Rakor dihadiri Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Isdianto, Kepala Bappeda Kabupaten Bintan, Luki Zaiman Prawira, Kepala Dinas PUPR, Heri Wahyu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bintan, Fachrim, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Khairul serta Kepala Bidang Informasi Kominfo, Salihi.

Dalmasri mengatakan, Kemenko Kemaritiman RI telah mengapresiasi kehandalan Kabupaten Bintan menjadikan produk olahan ikan dan teripang menjadi produk nasional. Bahkan apa yang menjadi perhatian khusus Pemkab Bintan yang menjadikan produk kelautan dan olahan perikanan, disambut sangat baik oleh Kemenko Kemaritiman RI. Pasalnya, kegiatan pengolahan dari hasil laut itu diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat Kabupaten Bintan dan sekaligus memperkenalkan Kepulauan Riau khususnya Pulau Bintan sebagai penghasil bahan baku olahan laut di Indonesia.

Memang tak perlu diragukan lagi, Kepulauan Riau adalah Poros Maritim Indonesia yang selama ini menghasilkan hasil laut terbaik dan setelah diolah sedemikian rupa akan menjadi andalan untuk memenuhi pasar dalm negeri maupun pasar luar negeri.

Bagaimana supaya Kabupaten Bintan dapat diandalkan memproduksi produk olahan laut itu, PT.Aruna Industri akan bekerja sama dengan PT.Kimia Farma Indonesia memproduksi produk yang berasal dari laut itu. Namun, yang lebih penting bisa memoperbaiki perekonomian masyarakat.

Sementara itu Deputi Bidang Kordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Bidang Kemaritiman, Agung Kuswandono menjelaskan tujuan dilaksanakan rakor untuk memperkenalkan produk olahan laut di setiap daerah di Kepulauan Riau sebagai  Poros Maritim Indonesia. Hebatnya lagi, Kepulauan Kepri mampu memproduksi olahan laut yang kadar kandungan gizinya memenuhi kebutuhan asupan gizi untuk anak-anak sehingga nantinya muncul generasi muda yang sehat dan berpikiran cemerlang. (junael)